July 20, 2011

Indonesia Hancur karena Asteroid? Percaya & Tidak

(ilustrasi: science.howstuffworks.com)
JAKARTA - Menanggapi sebuah studi terbaru yang memasukan nama Indonesia ke dalam daftar 10 negara dunia yang berpotensi memiliki dampak terburuk akibat tumbukan meteor, LIPI memiliki dua pendapat, yakni 'percaya' dan 'tidak'.Dr. Heru Santoso, Deputy CEO for Research & Scientific Affairs dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memiliki dua pendapat dalam menanggapi pemberitaan tersebut, pertama percaya dan tidak.
Di satu sisi, Heru percaya akan hasil penelitian tersebut mengingat aktivitas tektonik/lempengan Bumi indonesia yang cukup dinamis. "Tidak heran Indonesia dan Jepang masuk ke dalam daftar tersebut, mengingat kondisi tektonik mereka yang cukup 'labil'," ujar Heru di Jakarta, Jumat (1/7/2011).

Sementara di sisi lain, Heru tidak begitu mempercayai hasil penelitian tersebut, mengingat sampai sekarang bukti tumbukan asteroid besar di Indonesia masih sangat jarang. "Mengingat benua kita usianya tergolong masih muda dibandingkan benua lainnya,"

Jadi apabila membaca pernyataan dari Heru, catatan sejarah mengenai tumbukan asteroid besar di Indonesia sendiri masih jarang.Heru juga menambahkan bahwa rata-rata bukti tumbukan asteroid besar tersebut kalaupun ada sudah tertutup oleh aktivitas tektonik di bumi Indonesia yang tergolong dinamis.

Sebelumnya sebuah studi dilakukan oleh beberapa peneliti dari University of Southampton, menyebut 10 negara yang berpotensi memiliki dampak terburuk apabila mendapat serangan asteroid, mereka adalah China, Indonesia, India, Jepang, AS, Filipina, Italia, Inggris, Brasil dan Nigeria.Para ilmuwan di University of Southampton tersebut menggunakan perangkat lunak NEOimpactor, atau proyek Near Earth Object milik NASA, dalam melakukan penelitiannya.
Sumber : okezone

4 comments:

  1. emmm.. ilmu pengetahuan, nice to share.. apapun hasil penelitiannya, hanya Allah SWT yang mengetahui segala kebenaran di muka bumi, dan yang bisa berkehendak ata segala yang terjadi.. semoga kita semua dilindungi oleh Allah SWT dari semua musibah besar, dan kalaupun jalannya memang mendapatkan musibah dalam hidup, semoga kita semua diberi kesabaran dan kekuatan Iman tuk tetap menjalani hidup sebaik mungkin dan mendapatkan yang terbaik pula dariNya, amin

    ReplyDelete
  2. hahaha, percaya atau tidak yang penting tetap percaya bahwa Allah lah yang mendatangkan itu semua. manusia hanya bisa memprediksikannya.

    ReplyDelete
  3. iya bnr sob,ttp percaya kpada Allah SWT ,mungkin dgn hsil penelitian ini,kt dpt lbh meningkatkan iman kt kpd Allah SWT...

    ReplyDelete
  4. Sekarang orang jadi menaruh perhatian lebih kepada meteor lebih sejak beberapa tahun sebelum ini ada kasus 2 meteorit jatuh di wilayah Indonesia. Salah satunya jatuh menimpa suatu rumah & menyebabkan kebakaran. Untungnya meteoritnya pas itu kecil, jadi kerusakannya juga ga seberapa...

    ReplyDelete