July 19, 2011

Pengguna Internet China Tembus 485 Juta Orang


Jakarta - China adalah negara dengan pengguna internet terbesar di dunia. Data terbaru yang dihimpun hingga akhir Juni 2011 menyebutkan, pengguna internet di negeri tirai bambu itu kini mencapai 485 juta orang. Informasi yang bersumber dari data statistik internet pemerintah China ini juga menyebutkan situs microblogging dan group-buying menyumbang angka tertinggi dalam tingkat pertumbuhan pengguna.

Jumlah pengguna Weibo --microblogging di China-- meningkat lebih dari 200 persen dalam enam bulan pertama tahun ini menjadi 195 juta orang. Sebelumnya pada akhir 2010 jumlah pengguna Weibo tercatat 'hanya' 63,1 juta. Jumlah pengguna group-buying juga meningkat 125 persen menjadi 42,2 juta dri sebelumnya 18,7 juta di akhir 2010.
Dilansir Reuters dan dikutip detikINET, Selasa (19/7/2011), Sina Corp, Tencent Holdings dan Baidu adalah perusahaan besar di China yang bersaing memanfaatkan Weibo. Weibo berfungsi seperti Twitter, memungkinkan pengguna mem-posting link dan pesan singkat.

Layanan ini laris digunakan warga China sebagai pengganti Twitter. Seperti diketahui, warga China tak bisa menggunakan Twitter, Facebook dan YouTube karena pemerintah setempat memblokir aksesnya. Meningkatnya jumlah pengguna Weibo bisa jadi disebabkan oleh desakan perubahan yang membuat kebanyakan orang di seluruh dunia tak terkecuali China beralih menggunakan jejaring sosial.

Sumber : detik.Net

2 comments:

  1. rakyat cina kan paling ramai d dunia.. huhu. :)

    ReplyDelete
  2. klu di china ada weibo.. di indonesia ada apa ya? koprol kali ya, atau kombes, tapi penggunanya masih minim dibanding orang indonesia yg menggunakan twitter dan facebook yo

    ReplyDelete